integrasi antar aplikasi office

Apa itu Integrasi? 

Tujuan 

Tujuan dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat, maka suatu data atau sistem yang ter-integrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena infromasi yang akan digunakan untuk keperluan lebih luas lagi. 

Aliran informasi diantara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau outout sesuatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya. 

Definisi Integrasi 

saling keterkaitan antara saubsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain. 


Ada 2 macam integrasi, yaitu: 

❰ Integrasi data ❱  

Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. 

❰ Integrasi sistem (Integrated System) ❱ 

Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional. 


Manfaat Integrasi 

➤ Satu sumber utama,
Sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakuka pembaharuan 

➤ Database tertata rapi
Dengan Database yang mudah diakses dan tertata rapi, tentunya akan menjadi keunggulan suatu perusahaan karena dengan mudahnya akses Database tersebut, perusahaan dapat mendapatkan data dan informasi yang diinginkan dengan cepat dan menghemat waktu. 

➤ User Interface yang lebih konsisten 
Dengan adanya single platform yang meng-integrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita dapat memastika seluruh komputer yang terhubung dengan sistem Integrasi memiliki user Interface yang sama. 

4 Cara mengintegrasikan aplikasi 

• Pemanggilan prosedur/function, Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain. 

• Messaging, Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan. 

• Sharing Database, Pengirim dan penerima menggunakan Database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datanya ke suatu table di Database untuk kemudian dibaca oleh penerima. 

• File transfer, Mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya. 




Contoh Integrasi pada Ms Office 

» Membuat Table of Content pada Ms Word 
» Linking and Embed pada aplikasi Ms Office 
» Membuat surat massal pada Ms Word dengan menggunakan Databse yang ada pada Ms       Excel atau Ms Access
» Membuat grafik pada Aplikasi Ms Office 



꒰ ❛ thanks for reading ❜ ꒱






 

Comments

Popular posts from this blog

integrasi antar aplikasi office : mail merge

𝐓𝐢𝐩𝐞 𝐝𝐚𝐭𝐚 𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐏𝐞𝐦𝐫𝐨𝐠𝐫𝐚𝐦𝐚𝐧